Selamat Ultah mantan Gitaris Scorpions yang namanya cukup Terkenal

Nama panjangnya Michael Willy Schenker yg lahir di Sarstedt (Jerman) pada tanggal 10 Januari 1955. Michael Schenker adalah adik kandung dari gitaris Scorpions yaitu Rudolf Schenker. Michael Schenker sudah belajar bermain gitar sejak dini dan dari dulu sudah berimajinasi tentang Gibson Flying V Guitar. Saat Michael Schenker berusia 11 thn, sang kakak menyuruhnya untuk membantu Scorpions manggung2 di nightclub. Dan akhirnya diusia 14 thn, Michael Schenker sudah bergabung bersama Scorpions menggantikan Ulrich Worobiec.

Kejeniusan sang adik itu memang diakui oleh kakaknya hingga dia menjadi personil yg paling muda di Scorpions. Saat Scorpions merilis album pertamanya di thn 1972 dgn judul Lonesome Crow, Michael Schenker ikut andil disitu sebelum akhirnya dia keluar dari Scorpions di thn 1973. Keluar dari Scorpions, Michael Schenker memilih bergabung dgn band Hard Rock asal UK yaitu UFO. Sang kakak yaitu Rudolf Schenker-lah yg membantu Michael Schenker supaya bisa masuk UFO karena Michael Schenker saat itu belum fasih berbahasa Inggris.

Meski belum fasih berbahasa Inggris, Michael Schenker juga punya andil menciptakan lagu2 buat UFO. Dan salah satunya album yg cukup sukses bagi UFO yaitu berjudul Lights Out thn 1977. Setelah merilis album itu, di thn 1978, Michael Schenker balik lagi ke Scorpions menggantikan Uli Jon Roth yg dulu menggantikannya juga di Scorpions. Tapi kebersamaan Michael Schenker bersama Scorpions cuman setahun saja hingga dia digantikan oleh Matthias Jabs. Michael Schenker dulu sempat ikut audisi saat the Rolling Stones ditinggalkan Mick Taylor di thn 1974, namun sayangnya Michael Schenker tidak dipilih karena the Rolling Stones lebih memilih Ronnie Wood karena ada faktor darah Inggrisnya.

Gagal bersama the Rolling Stones, Michael Schenker mencoba ikut audisi lagi ketika Aerosmith ditinggalkan Joe Perry di thn 1979, namun lagi2 dia gagal dipilih karena Aerosmith lebih memilih Jimmy Crespo. Alasannya Michael Schenker tidak terpilih di Aerosmith karena produser disana membuat lelucon tentang Nazi hingga membuat Michael Schenker tersindir dan langsung keluar dari audisi. Saat bandnya Ozzy Osbourne membutuhkan seorang gitaris karena ditinggalkan oleh Randy Rhoads yg meninggal dunia karena kecelakaan pesawat di thn 1982, Michael Schenker ikut audisinya dan hampir terpilih. Namun karena Michael Schenker dinilai cerewet, akhirnya Ozzy Osbourne ga jadi memilihnya.

Michael Schenker sebenarnya sudah membuat grup sendiri di thn 1979 dgn mengusung musik Hard Rock juga. Michael Schenker juga merekrut Graham Bonnet (vokalis Alcatrazz), meski cuma beberapa bulan saja. Setelah itu nama Michael Schenker Group berganti menjadi McAuley Schenker Group di thn 1986 karena Robin McAuley mengajak Michael Schenker bekerja sama. Justru bersama McAuley Schenker Group agak memberi kesuksesan dgn mempunyai single hits yg berjudul “Nightmare” di thn 1992 dan saat itu drummernya adalah James Kottak. Di thn 1992, Michael Schenker tidak lagi bekerja sama dgn Robin McAuley dan namanya kembali lagi menjadi Michael Schenker Group.

Sebelumnya di thn 1990, Michael Schenker diajak oleh musisi2 Rock terkenal membentuk supergrup bernama Contraband yg didalamnya ada Tracii Guns (L.A Guns), Bobby Blotzer (Ratt), Richard Black dan bassis cewek yg bernama Share Pedersen (Vixen), tapi 3 thn kemudian bubar. Michael Schenker sempat balik lagi ke band lamanya yaitu UFO di thn 1993. Di thn 1998, Michael Schenker diajak Joe Satriani tampil bersama G3 yg saat itu tur ke Perancis dgn mengajak Uli Jon Roth juga. Di thn 2010, Michael Schenker mendapatkan penghargaan the Marshall ’11’ di London dan juga di thn 2012 mendapatkan penghargaan dari majalah Vegas Rocks! sbg Lifetime Achievement in Rock and Roll. Michael Schenker berkata kepada media bahwa dialah yg memainkan melodi2 di 2 lagu Scorpions yg terkenal yaitu “Always Somewhere” dan “Holiday”.

Tinggalkan komentar